Kemiskinan yang Terjadi di Indonesia

Oktober 06, 2012


With Cudith, Erick, Elsheren, Melisa dan Richard 



Kemiskinan di Indonesia bukanlah hal yang lazim lagi di bicarakan. Kemiskinan di sebuah negara itu sudah mutlak, dan harus segera diselesaikan. Namun, bagaimana cara menyelesaikan kemiskinan itu dengan tuntas? Apakah ada cara yang singkat untuk memberantas kemiskinan itu sendiri? Jawaban dari pertanyaan itu hanyalah bisa di jawab oleh pemerintah sendiri. Kemiskinan memiliki beberapa aspek. Berikut adalah aspek aspek yang menyebabkan kemiskinan di Indonesia:

1.     Kurangnya pendidikan sehingga sulit mencari pekerjaan.



Kurangnya pendidikan seseorang mempersulit sebuah lapangan kerja menerima pegawai. Padahal kurangnya pendidikan seseorang disebabkan karna kemiskinan. Seseorang tidak mampu sekolah tinggi, sehingga dia harus terpaksa tamat SMP, sedangkan lapangan kerja di Indonesia sekarang ini memerlukan tenaga kerja minimal pendidikan SMA. Ilmu yang dia miliki tidak sesuai dengan standart lapangan kerja itu sehingga keadaan memaksa dia untuk menjadi seorang pengangguran.

2.    Kurangnya Perhatian Pemerintah


Pemerintah juga kurang memperhatikan rakyatnya. Sekarang ini, banyak sekali orang yang ter PHK (Pemutusan hubungan kerja) karena banyak orang luar yang melamar kerja di Indonesia. Pemerintah kurang memberikan lapangan kerja bagi orang yang miskin dan para pengangguran. Selain itu, pemerintah juga tidak bisa mendukung pembangunan lapangan kerja yang disediakan untuk para pengangguran. Hal itu mengakibatkan seseorang menjadi malas bekerja karena tidak adanya dukungan dan motivasi dari pemerintahnya sendiri. sedangkan masyarakat dipaksa untuk bekerja demi negara tanpa dapat penghargaan dari negara sendiri. 

3.    Harga Kebutuhan Yang Semakin Meningkat
 

Kemiskinan juga bisa terjadi karna faktor ekonomi. Saat ini keadaan barang sangat mahal dan gaji yang didapat juga tidak sesuai. Maka apa kebutuhan mereka sulit untuk terpenuhi. Selain itu, ketidak stabilan penduduk di Indonesia juga sangat berpengaruh. Seperti contohnya sebuah keluarga yang miskin memiliki 4 anak. Ayahnya bekerja sebagai tukang sayur dan ayahnya juga harus menyekolahkan dan memberi makan ke 4 anaknya. Padahal penghasilan ayahnya sebulan hanya 100,000. Hal itu juga yang menyebabkan seorang anak harus putus sekolah,  menjadi seorang pengangguran dan menambah angka kemiskinan yang ada di Indonesia.


Solusi:


Untuk pemerintah: Seharusnya pemerintah harus bisa lebih memberikan dorongan dan motivasi kepada para penganguran yang ada. Selain itu, peran pemerintah dalam membuat lapangan kerja yang lebih juga sangat penting. Dan juga, seharusnya pemerintah tidak menaikkan harga pangan dengan harga yang melonjak naik dengan tajam. Pemerintah juga seharusnya bisa menyesuaikan antara upah dan juga harga kebutuhan. Sehingga, semua orang bisa bekerja dan bisa memenuhi kebutuhannya.


Untuk masyarakat: Masyarakat sendiri pun juga harus bekerja, tidak bermalas malas dan tidak putus asa untuk mencari pekerjaan setelah di PHK. Selain itu, masyarakat sendiri juga seharusnya mengikuti program KB agar mendukung kestabilan penduduk Indonesia.
 
Design by Pocket