Kebahagian Kecil

April 11, 2013

Children Playing in Rain

Gambar ini saya dapatkan ketika sedang melakukan riset di Bayah Barat, Banten. Saat itu saya dan beberapa teman menuju rumah informan, namun hujan turun tanpa diduga. Alhasil, kami memutuskan untuk berteduh di sebuah rumah mungil milik penduduk sekitar.


Selama menunggu hujan reda perasaan kesal dan lelah menyelimuti diri saya. Tiba-tiba muncul tiga bocah yang melompat-lompat girang di bawah hujan. Mereka mengingatkan saya bahwa setiap orang memiliki caranya sendiri untuk bahagia, walaupun itu sederhana, bahkan cenderung dianggap remeh oleh orang lain. Lantas, mengapa saya harus merasa kesal dengan tanggung jawab yang saya pilih? Mengapa saya harus mengundang rasa lelah ke dalam diri saya?

Riset adalah hal besar, yang seharusnya dapat membawa kebahagiaan bagi diri saya, walau hanya secuil. Seperti hujan besar yang memberikan kebahagian kecil bagi anak-anak Tuhan yang sedang kuyup itu.
 
Design by Pocket